Ekonomi dan Bisnis

Sunday, December 25, 2016

BAB 9

BIAYA JANGKA PANJANG DAN KEPUTUSAN OUTPUT

KONDISI JANGKA PENDEK DAN ARAH JANGKA PANJANG
Suatu perusahaan menderita kerugian(loss), jika tingkat penghasilan yang diperolehnya berada di bawah normal. Suatu perusahaan yang mencapai titik impas(breaking even) atau menghasilkan tingkat laba nol adalah perusahaan yang menghasilkan jumlah yang persis sama dengan tingkat penghasilan normal.
            MEMAKSIMALKAN LABA
                        Laba adalah penerimaan total minus biaya total.
            MEMINIMALKAN KERUGIAN
            Perusahaan yang tidak menghasilkan laba positif atau titik impas akan menderita kerugian. Perusahaan yang menderita kerugian terdiri dari dua kategori: (1) perusahaan yang merasa akan lebih beruntung jika menutup  langsung usahanya  dan menanggung kerugian yang sama dengan biaya tetap, dan  (2) perusahaan yang terus beroperasi  dalam jangka pendek untuk meminimalkan kerugiannya.
BIAYA JANGKA PANJANG: SKALA EKONOMIS DAN DISEKONOMIS
            SKALA PENGHASILAN MENINGKAT
Skala penghasilan meningkat atau skala ekonomis adalah peningkatan dalam skala produksi suatu perusahaan mengakibatkan biaya yang lebih rendah per unit yang diproduksi.
SKALA PENGHASILAN KONSTAN
Skala penghasilan konstan adalah peningkatan dalam skala produksi tidak punya efek atas biaya per unit yang diproduksi.
SKALA PENGHASILAN MENURUN
Skala penghasilan menurun atau skala disekonomis adalah peningkatan dalam skala produksi mengakibatkan biaya yang lebih tinggi per unit yang diproduksi.
PENYESUAIAN KONDISI JANGKA PANJANG TERHADAP KONDISI JANGKA PENDEK
            Ketika ada laba jangka pendek dalam suatu industri, perusahaan baru akan masuk dan perusahaan yang ada akan berekspansi. Kejadian ini menggeser kurva penawaran industri ke kanan. Ketika ini terjadi, harga turun dan akhirnya laba terhapuskan.
            Ketika kerugian jangka pendek diderita dalam suatu industri, beberapa perusahaan keluar dan beberapa perusahaan mengurangi skala. Kejadian ini menggeser kurva penawaran industri ke kiri, yang meningkatkan harga dan menghapuskan kerugian.
            Dalam pasar yang efisien, modal investasi mengalir menuju kesempatan laba.

0 comments:

Post a Comment