Ekonomi dan Bisnis

Sunday, October 23, 2016

BAB 5


ELASTISITAS
   A.    ELASTISITAS HARGA TERHADAP PERMINTAAN
  SLOPE DAN ELASTISITAS
            Slope kurva permintaan adalah ukuran yang tidak memadai untuk ketanggapan, karena nilainya tergantung pada unit ukuran yang digunakan. Karena itu, elastisitas dihitung dengan menggunakan persentase.
            Elastisitas adalah konsep umum yang digunakan untuk mengkuantifikasi respon atau tanggapan suatu variabel ketika variabel lain berubah. Jika variabel A berubah karena variabel B berubah, elastisitas A terhadap B sama dengan perubahan persentase A dibagi perubahan persentase

B. ELASTISITAS HARGA PERMINTAAN
            Elastisitas harga permintaan adalah rasio perubahan persentase dalam kuantitas yang diminta terhadap perubahan persentase dalam harga atau mengukur tanggapan kuantitas yang diminta terhadap perubahan harga.
TIPE ELASTISITAS
            Permintaan inelastis sempurna adalah permintaan dimana kuantitas yang diminta tidak tanggap sama sekali terhadap perubahan dalam harga.

            Permintaan inelastis adalah permintaan yang kadang tanggap, tapi tidak besar, terhadap perubahan harga. Permintaan inelastis selalu memiliki nilai angka antara 0 dan -1.


            Permintaan berelastisitas uniter adalah hubungan permintaan dimana perubahan persentase dalam kuantitas suatu produk yang diminta sama dengan perubahan persentase dalam harga pada nilai absolut(elastisitas permintaan -1)

            Permintaan elastis adalah hubungan permintaan dimana perubahan persentase kuantitas yang diminta lebih besar daripada perubahan persentase dalam harga pada nilai absolut(elastisitas permintaan dengan nilai absolut lebih besar daripada 1)

            Permintaan elastis sempurna adalah permintaan dimana kuantitas turun ke titik nol ketika ada sedikit peningkatan dalam harga.


   B.     MENGHITUNG ELASTISITAS
MENGHITUNG PERUBAHAN PERSENTASE

                                                                

      ELASTISITAS ADALAH RASIO PERSENTASE
                        

           
Jika permintaan elastis, rasio perubahan persentase kuantitas yang diminta terhadap perubahan persentase harga akan memiliki nilai absolut yang lebih besar daripada 1. Jika permintaan inelastis, rasio tersebut akan memiliki nilai absolut antara 0 dan 1. Jika dua persentase persis sama, sehingga perubahan persentase tertentu dalam harga menyebabkan perubahan persentase yang sama dalam kuantitas yang diminta, elastisitas sama dengan -1 inilah elastisitas uniter.
RUMUS TITIK TENGAH (MIDPOINT)
            Rumus titik tengah adalah suatu cara yang akurat untuk menghitung persentase dengan menggunakan nilai pertengahan antara P1 dan P2 sebagai dasar untuk menghitung perubahan persentase harga, dan nilai pertengahan antara Q1 dan Q2 sebagai dasar untuk menghitung perubahan persentase kuantitas yang diminta.




ELASTISITAS DAN PENERIMAAN TOTAL
TR = P x Q
Total penerimaan = harga x kuantitas
            Ketika harga meningkat dalam pasar, kuantitas yang diminta turun. Sebaliknya, ketika harga turun, kuantitas yang diminta naik. Kedua faktor, P dan QD, bergerak dengan arah berlawanan.
Efek perubahan harga pada kuantitas yang diminta:
            P↑ → QD
                 dan
            P↓ → QD
            Karena total penerimaan merupakan perkalian P dan Q, TR naik atau turun sebagai tanggapan atas peningkatan harga, tergantung pada yang mana yang lebih besar, peningkatan persentase harga atau penurunan persentase kuantitas yang diminta. Jika penurunan persentase kuantitas yang diminta lebih kecil daripada peningkatan persentase harga, total penerimaan akan naik. Hal ini terjadi ketika permintaan inelastis. Persentase harga dapat melampaui penurunan persentase kuantitas, dan P x Q = (TR) meningkat.
Efek peningkatan harga atas suatu produk dengan permintaan inelastis:
            ↑P x QD↓ = TR↑
            Tapi, jika penurunan persentase dalam kuantitas yang diminta setelah terjadinya peningkatan harga lebih besar daripada peningkatan persentase harga, total penerimaan akan turun. Hal ini terjadi ketika permintaan elastis. Peningkatan persentase harga dilampaui oleh penurunan persentase kuantitas
Efek peningkatan harga atas suatu produk dengan permintaan elastis:
            ↑P x QD↓ = TR↓
            Hal sebaliknya terjadi untuk pemotongan harga. Ketika permintaan  elastis, pemotongan harga meningkatkan penerimaan total
Efek pemotongan harga atas suatu produk dengan permintaan elastis:
            ↓P x QD↑ = TR↑
            Ketika permintaan inelastis, pemotongan harga mengurangi penerimaan total
Efek pemotongan harga atas suatu produk dengan permintaan inelastis:
            ↓P x QD↑ = TR↓

C.     PENENTU ELASTISITAS PERMINTAAN
Elastisitas permintaan adalah cara untuk mengukur kecepatan respons permintaan konsumen terhadap perubahan harga. Sebagai ukuran dari perilaku, elastisitas permintaan bisa diterapkan pada rumah tangga individual maupun pada permintaan pasar secara keseluruhan.
            KETERSEDIAAN BARANG SUBSTITUSI
                        Semakin banyak produk pengganti (substitusi), permintaan akan semakin elastis. Hal ini dikarenakan konsumen dapat dengan mudah berpindah ke produk substitusi jika terjadi kenaikan harga, sehingga permintaan akan produk akan sangat sensitif terhadap perubahan harga.
            PENTINGNYA BARANG DALAM ANGGARAN PERSEORANGAN
                        Permintaan akan produk kebutuhan cenderung tidak elastis, dimana konsumen sangat membutuhkan produk tersebut dan mungkin sulit mencari substitusinya. Akibatnya, kenaikan harga cenderung tidak menurunkan permintaan.
            DIMENSI WAKTU
            Dalam jangka pendek, kenaikan harga yang terjadi di pasar mungkin belum disadari oleh konsumen, sehingga mereka tetap membeli produk yang biasa dikonsumsi. Dalam jangka panjang, konsumen telah menyadari kenaikan harga, sehingga mereka akan pindah ke produk substitusi yang tersedia. Selain itu, dalam jangka panjang kualitas dan desain produk juga berubah, sehingga lebih mudah menyebabkan konsumen pindah ke produk lain.

D.    ELASTISITAS PENTING LAINNYA
ELASTISITAS PENDAPATAN DARI PERMINTAAN
            Elastisitas pendapatan dari permintaan adalah ukuran tanggapan permintaan terhadap perubahan pendapatan.


ELASTISITAS HARGA-SILANG DARI PERMINTAAN
            Elastisitas harga-silang adalah ukuran tanggapan kuantitas suatu barang yang diminta terhadap perubahan dalam harga barang lain.


            Elastisitas harga-silang bisa positif atau negatif. Elastisitas harga-silang positif menunjukkan bahwa peningkatan harga X menyebabkan permintaan Y meningkat. Hal ini menyiratkan bahwa barang itu adalah barang substitusi. Jika elastisitas harga-silang ternyata negatif, peningkatan harga X menyebabkan penurunan dalam permintaan Y. Hal ini menyiratkan bahwa barang itu adalah barang komplementer.
ELASTISITAS PENAWARAN
            Elastisitas penawaran adalah untuk mengukur tanggapan kuantitas barang yang ditawarkan terhadap perubahan dalam harga barang itu. Cenderung positif dalam pasar output.


            Dalam pasar output, elastisitas penawaran cenderung bernilai positif artinya, harga yang lebih tinggi mengakibatkan peningkatan kuantitas yang ditawarkan, ceteris paribus.
            Elastisitas penawaran tenaga kerja adalah ukuran tanggapan tenaga kerja yang ditawarkan terhadap perubahan harga tenaga kerja.




0 comments:

Post a Comment