Ekonomi dan Bisnis

Sunday, October 23, 2016

BAB 3

BAB 3
PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN EKUILIBRIUM PASAR

PERMINTAAN
A. Pengertian Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu.
B. Hukum Permintaan
“Semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin banyak barang tersebut yang diminta. Dan sebaliknya, semakin tinggi tingkat harga suatu barang, akan semakin sedikit permintaan barang tersebut (cateris paribus)”.
C. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
1. Faktor Harga
Harga dan permintaan memiliki hubungan berbanding terbalik, permintaan saat dipengaruhi harga dan sebaliknya harga juga dipengaruhi oleh permintaan.
2. Faktor Bukan Harga
·         Harga barang itu sendiri.
·         Harga barang lain yang berkaitan.
·         Tingkat pendapatan.
·         Selera konsumen.
·         Ekspektasi/perkiraan masa depan. 
·         Jumlah penduduk.
·         Musim/iklim.
D. Kurva Permintaan
            Kurva permintaan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang diminta oleh para pembeli. Kurva permintaan dibuat berdasarkan data real di masyarakat tentang jumlah permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.


            Bentuk kurva permintaan memiliki kemiringan (slope) negatif atau bergerak dari kiri atas ke kanan bawah, yang artinya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan bertambah dan sebaliknya (sesuai dengan hukum permintaan cateris paribus). Dalam menganalisis permintaan terdapat dua istilah berbeda yaitu permintaan dan jumlah barang yang tersedia diminta.
E. Fungsi Permintaan
Fungsi Permintaan adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, maka dapat disusun fungsi permintaan umum sebagai berikut:
Qd = a – b. P

Keterangan:
Qd : jumlah barang yang diminta
a : konstanta
b : gradien garis
P : harga barang

PENAWARAN
A. Pengertian Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
B. Hukum Penawaran
“Semakin tinggi tingkat harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan (cateris paribus). Dan sebaliknya, semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan”.
C. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
2. Tujuan Perusahaan
3. Pajak
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
5. Prediksi

D.    Kurva Penawaran
Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara tingkat harga barang barang tersebut yang ditawarkan oleh penjual. Kurva ini dibuat atas dasar data real mengenai hubungan tingkat harga barang dan jumlah penawaran barang tersebut yang dinyatakan dalam daftar penawaran.

Pada kurva penjualan beras terlihat bahwa garis bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Hal ini menunjukkan bahwa arah garis pada kurva (slope) positif yang berarti jumlah barang yang ditawarkan kepada konsumen berbanding lurus dengan harga barang.
E. Fungsi Penawaran
            Fungsi penawaran adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga (P) dengan jumlah barang (Q) yang ditawarkan.
            Qs = a + b.P
            Keterangan:
            Qs : jumlah barang yang ditawarkan
P : harga barang per unit
a : angka konstanta
b : gradien atau kemiringan

EKUILIBRIUM
A. Pengertian
Harga keseimbangan adalah suatu tingkat harga, ketika jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta. Terbentuknya harga pasar sebagai titik pertemuan antara permintaan dan penawaran dapat digambarkan dengan menggunakan tabel dan grafik keadaan seimbang itu disebut ekuilibrium.
B. Jenis Jenis Ekuilibrium
            1. Ekuilibrium Stabil
Jika setiap penyimpangan dari titik ekuilibrium, akan menggerakkan kekuatan-kekuatan pasar dan mendorong kembali ke kondisi ekuilibrium semula.
            2. Ekuilibrium Tidak Stabil
Kondisi pasar semakin jauh dari titik ekuilibrium, terjadi jika kurva penawaran pasar mempunyai kemiringan positif dan cenderung kurang curam dari kurva permintaan pasar yg berslope negatif.

0 comments:

Post a Comment