Ekonomi dan Bisnis

Saturday, January 7, 2017

BAB 16

Distribusi Pendapatan dan Kemiskinan

Batas kemungkinan utilitas
Di abad kesembilan belas,para filsuf menggunakan konsep utilitas sebagai ukuran kesejahteraan. Orang menetapkanpilihan diantara barang dan jasa atas dasar utilitas yang dihasilkanolehbarang dan jasa tersebut. Batas kemungkinan utilitas (utility possibilities frontier) adalahtidak efesien karena baik I maupun J bisa lebih makmur lagi, A adalah titik semacam itu, B adalah satu dari banyak titikyang mungkin di sepanjang PP’ yang seharusnya disukai masyarakat daripada A, karena kedua anggota masyarakat akan lebih makmur di B ketimbang A. Meskipun titik B lebih menguntungkan dari pada titik A berdasarkan sudut pandang setiap orang bagaimana jika titik B dibandingkan dengan titik C? titik B maupun C adalah efesien; I tidak bisa lebih makmur tanpa membuat J merugi, dan sebaliknya.

Sumber Pendapatan Rumah Tangga
Rumah tangga mendapatkan pendapatan imbalan mereka dari tiga sumber dasar: (1) dari upah gaji yang diterima sebagai imbalan tenaga kerja;(2) dari hak milik-yakni, modal, tanah, dan seterusnya; dan (3) dari pemerintah.

Rumah Tannga Berpendapatan Ganda .
Sumber lain ketidaksetaraan upah di antara rumah tangga nyatanya disebabkan karena banyak rumah tangga memiliki lebih dari satu tulang punggung dalam tenaga kerja, kedua, dan bahkan ketiga, pendapatan menajdi lebih bersifat kewajiban ketimbang pengecualian untuk keluarga AS.
Distribusi pendapatan
Pendapatan ekonnomi(economic income) didefinisikan sebagai jumlah uangyang bisa dibelanjakan oleh suatu rumah tangga selama suatu periode tertentu tanpa meningkatkan atau menurunkan asset bersihnya, pendapatan ekonomi meliputi segala hal yang meningkatkan kemampuan kita untuk berbelanja-upah,gaji,dividen,bunga yang diterima, pendapatan perusahaan sendiri, pembayaran tunjangan, sewa, dan seterusnya.

Koefisien Gini (GiniCoefficient) adalah ukuran tingkat ketidaksetaraan dalam distribusi, ini adalah rasio luas daerah berarsir pada peraga 16.3 terhadap luass garis segitiga total dibawah dan dikanan garis diagonal 0A. jika pendapatan didistribusikan secara merata tidak aka nada daerah berasir(karena kurva Lorenz dan garis 45 adalah sama), dan koefesien gini adalah nol. Kurva Lorenz adalah cara yang paling umum untuk menampilkan distribusi pedapatan secara grafis. Semakin besar luas daerah berarsir, semakin tak merata pula distribusi pendapatn. Jika distribusinya merata, kurva Lorenz akan berada pada garis derajat 0A.
Keadilan Nilai Guna (Utilitarian Justice).
Diperkenalkan oleh filsuf inggris Jeremy bantham dantohn stuart mill di akhir abad kedelapan belas dan awal abad kesembilan belas, esensi argument nilia guna yang mendukung redistribusi adalah bahwa “satu rupiah di tangan orang kaya bernilai lebih rendah daripada satu rupiah ditangan orang miskin”.
Pendapatan Keamanan Tambahan

Program pendapatan keamanan tambahan (SSI-Supplemental Security Income) adalah program faderal yang di tetapkan di AS di bawah administrasi keamanan social tahun 1974.

0 comments:

Post a Comment