Ekonomi dan Bisnis

Monday, December 26, 2016

BAB 11

PERMINTAAN INPUT: PASAR MODAL DAN KEPUTUSAN INVESTASI

Tiga faktor utama produksi adalah tanah, tenaga kerja, dan modal. Harga factor ditentukan oleh interaksi penawaran dan permintaan di pasar factor. Tingkat upah ditentukan di pasar tenaga kerja, harga tanah ditentukan di pasar tanah, dan harga modal ditentukan di pasar modal.
Dalam pasar tenaga kerja, rumah tangga menawarkan tenaga kerja mereka secara langsung ke perusahaan dengan imbalan upah. Dalam pasar tanah, pemilik tanah menyewakan atau menjual tanah mereka langsung pada perusahaan dengan imbalan sewa atau harga yang disepakati. Tapi, dalam pasar modal, rumah tangga sering secara tidak langsung menawarkan sumber daya keuangan yang diperlukan oleh perusahaan untuk membeli modal.
MODAL, INVESTASI, DAN DEPRESIASI
MODAL merupakan salah satu konsep terpenting dalam semua ilmu ekonomi adalah konsep modal (capital). Barang modal adalah barang yang diproduksi oleh sistem ekonomi yang digunakan sebagai input untuk memproduksi barang dan jasa lain di masa depan.
Modal Berwujud. Kategori utama modal fisik (physical capital), atau modal berwujud (tangible capital) adalah
1). Bangunan non perumahan (misalnya: bangunan kantor, pabrik, pusat perbelanjaan).
2). Peralatan tahan lama (mesin, truk, panggangan roti, mobil).
3). Bangunan perumahan
4). Persediaan barang input dan output yang disimpan dalam perusahaan.
Modal Sosial: Infrastruktur. Modal Sosial/infrastruktur adalah modal yang memberikan jasa bagi masyarakat
Modal Tak Berwujud. Beberapa modal tidak berwujud (non material) tetap memenuhi definisi tentang modal. Dimensi waktu dimensi terpenting dari modal adalah ketahanannya terhadap waktu. Jasa tenaga kerja digunakan pada saat jasa itu diberikan. Nilai Modal adalah sebesar nilai jasa yang diberikannya dari waktu ke waktu.
Mengukur Modal. Ukuran persediaan modal (capital stock) perusahaan adalah nilai pasar saat ini dari pabrik, peralatan, persediaan, dan aset tak berwujud.

INVESTASI DAN DEPRESIASI
Ukuran persediaan (ukuran stok atau stok measure) dinilai pada titik tertentu, sedang ukuran aliran (flow measure) dinilai atas suatu periode tertentu.
Investasi adalah aliran yang mengingatkan persediaan modal. Karena memiliki dimensi waktu. Depresiasi adalah penurunan nilai ekonomis aset (sumber daya) dari waktu ke waktu.
PASAR MODAL
Pendapatan yang dihasilkan dari tabungan yang telah digunakan melalui pasar modal keuangan disebut dengan pendapatan modal (capital income). Pendapatan modal diterima oleh rumah tangga dalam banyak bentuk, dua yang terpenting adalah bunga dan laba.
Bunga. Bentuk pendapatan modal yang paling umum yang diterima oleh rumah tangga adalah bunga. Bunga (interest) adalah pembayaran yang dilakukan dari penggunaan uang.
Laba.  Laba (profit) adalah kata lain untuk pendapatan bersih suatu perusahaan: penerimaan dikurangi biaya produksi. Saham biasa adalah sertifikat yang mewakili kepemilikan saham suatu perusahaan, biasanya adalah PT (koperasi).
Fungsi Bunga dan Laba. Pendapatan modal memiliki beberapa fungsi: 1. Bunga dapat berfungsi sebagai insentif untuk menunda keputusan. 2. Laba bertindak sebagai imbalan atas inovasi dan pengambilan resiko,
PERMINTAAN MODAL BARU DAN KEPUTUSAN INVESTASI
Ekspektasi Manfaat Investasi. Proses Investasi menuntut investor potensial untuk mengevaluasi ekspektasi aliran jasa produktif di masa depan yang akan dihasilkan oleh proyek investasi.
Ekspektasi Biaya Investasi. Manfaat segala proyek investasi mengambil bentuk laba masa depan. Laba ini harus di ramaikan, tapi biaya harus juga di evaluasi.

Kurva permintaan investasi memperlihatkan permintaan modal dalam perekonomiaan sebagai fungsi tingkat bunga pasar. Yang hanya didanai hanya proyek investasi yang diharapkan akan menghasilkan tingkat penghasilan yang lebih tinggi dari pada tingkat bunga pasar. Tingkat bunga yang lebih rendah seharusnya mendorong investasi.

0 comments:

Post a Comment