Ekonomi dan Bisnis

Monday, December 26, 2016

BAB 12

EKUILIBRIUM UMUM DAN EFISIENSI PERSAINGAN SEMPURNA

Perusahaan adalah unit produksi utama dalam perekonomiaan pasar. Perusahaan yang memaksimalkan laba yang merupakan batasan pembahasan, menghasilkan laba dengan menjual produk dan jasa dengan harga yang lebih tinggi dari pada produksinya. Semua perusahaan pasti akan membuat tiga keputusan penting yaitu:
1). Berapa output yang akan ditawarkan
2). Bagaiamana memproduksi output tersebut yakni teknologi apa yang akan digunakan
3). Berapa masing-masing input yang harus diminta
Perusahaan kompetitif sempurna akan mengalami ekulibrium jangka pendek apabila biaya dan harga marjinal sama ((P=MC). Namun dalam jangka panjang, ekuilibrium di pasar kompetitif hanya akan dicapai apabila laba ekonomis telah dieliminasi. Proses penelahan kondisi ekuilibrium di pasar individual dan di rumah tangga serta perusahaan individual secara terpisah disebut dengan analisis ekuilibrium parsial (partial equilibrium analysis). Ekuilibrium umum (general ekuilibrium) terjadi apabila semua pasar dalam sebuah perekonomiaan secara serentak berada dalam ekuilibrium.
PENYESUAIAN PASAR TERHADAP PERUBAHAN PERMINTAAN
Pasar mengalami pergeseran permintaan, baik naik atau turun; biaya dan teknologi berubah; dan harga serta ouput juga berubah. Tingkat suku bunga yang rendah dan meningkatnya pendapatan telah mengakibatkan permintaan rumah bergeser ke kanan. Kenaikan permintaan ini menyebabkan harga rumah menjadi lebih tinggi dan entri baru dengan membangun perusahaan yang mencari laba ekonomi.
EFISIENSI ALOKATIF DAN EKUILIBRIUM KOMPETITIF
EFISIENSI PARETO
Definisi yang dikemukakan Pareto yang sangat tepat tentang efisiensi sering disebut efisiensi Pareto atau optimalitas Pareto. Sistem yang efisien, atau optimal Pareto, adalah sistem dimana perubahan seperti itu tidak mungkin terjadi.



EFISIENSI PERSAINGAN SEMPURNA
Ketiga pertanyaan dasar itu meluputi:
1). Apa yang akan diproduksi. 2). Bagaimana memproduksinya. 3). Siapa yang menerima apa yang diproduksi itu.
Alokasi Sumber Daya yang Efisien di Antara Perusahaan. Definisi sederhana tentang efisiensi menyatakan bahwa perusahaan harus memproduksi produknya dengan menggunakan teknologi terbaik yang ada yakni, dengan biaya terendah. Untuk memaksimalkan laba, perusahaan harus meminimalkan biaya produksi pada tingkat output yang dipilihnya. Dengan pengetahuan sepenuhnya teknologi yang ada, perusahaan akan memilih teknologi yang mampu memproduksi output yang diinginkannya dengan biaya minimal.
SUMBER KEGAGALAN PASAR
Kegagalan pasar (market failure) terjadi ketika sumber daya salah dialokasikan, atau dialokasikan secara tidak efisien. Sumber kegagalan pasar:
1). Struktur pasar yang tidak sempurna, atau perilaku non kompetitif
2). Eksistensi barang public
3). Keberadaan biaya dan manfaat eksternal
4). Informasi tidak sempurna.
PASAR TIDAK SEMPURNA
Antara monopoli dan persaingan sempurna ada sejumlah struktur pasar kompetitif tidak sempurna lain. Industri oligopolistik dibentuk oleh perusahaan kecil, yang masing-masing memiliki derajat kekuatan penetapan harga. Industri kompetitif monopolistis dibentuk oleh sejumlah perusahaan besar yang mendapatkan kekuatan penetapan harga dengan mendereferensiasikan produk mereka atau dengan menetapkan merek dagang mereka. Dalam semua industry kompetitif tidak sempurna, output lebih sedikit produk diproduksi dalam jumlah dibawah yang seharusnya dan harga lebih tinggi dari persaingan sempurna. Kondisi ekuilibrium P=MC tidak terpenuhi, dan sistem tidak memproduksi produk yang tidak efisien.



BARANG PUBLIK
Barang publik adalah barang atau jasa yang memberikan manfaat kolektif bagi masyarakat; dalam arti tertentu, barang dan jasa ini, dikonsumsi secara kolektif. Contoh klasiknya adalah pertahanan nasional, contoh yang lain adalah: perlindungan polisi, keamanan dalam negeri, perlindungan suaka margasatwa, dan kesehatan masyarakat.
EKSTERNALITAS
Eksternalitas adalah biaya atau manfaat yang di tanggung atau dibebankan pada individu atau kelompok yang tidak terlihat dalam transaksi itu dengan kata lain, sesuatu yang mempengaruhi pihak ketiga.
INFORMASI TIDAK SEMPURNA
Kesimpulan bahwa pasar bekerja secara efisien sangat tergantung pada asumsi bahwa konsumen dan produsen memiliki pengetahuan yang lengkap tentang karakteristik produk, harga yang berlaku, dan seterusnya. Tidak adanya informasi yang lengkap itu bias menyebabkan transaksi yang akhirnya tidak menguntungkan

0 comments:

Post a Comment