EKUILIBRIUM
UMUM DAN EFISIENSI PERSAINGAN SEMPURNA
Perusahaan adalah unit produksi utama dalam
perekonomiaan pasar. Perusahaan yang memaksimalkan laba yang merupakan batasan
pembahasan, menghasilkan laba dengan menjual produk dan jasa dengan harga yang
lebih tinggi dari pada produksinya. Semua perusahaan pasti akan membuat tiga
keputusan penting yaitu:
1). Berapa output yang akan ditawarkan
2). Bagaiamana memproduksi output tersebut yakni
teknologi apa yang akan digunakan
3). Berapa masing-masing input yang harus diminta
Perusahaan kompetitif sempurna akan mengalami
ekulibrium jangka pendek apabila biaya dan harga marjinal sama ((P=MC). Namun
dalam jangka panjang, ekuilibrium di pasar kompetitif hanya akan dicapai
apabila laba ekonomis telah dieliminasi. Proses penelahan kondisi ekuilibrium
di pasar individual dan di rumah tangga serta perusahaan individual secara
terpisah disebut dengan analisis
ekuilibrium parsial (partial equilibrium analysis). Ekuilibrium umum
(general ekuilibrium) terjadi apabila semua pasar dalam sebuah perekonomiaan
secara serentak berada dalam ekuilibrium.
PENYESUAIAN PASAR TERHADAP PERUBAHAN PERMINTAAN
Pasar mengalami pergeseran permintaan, baik naik
atau turun; biaya dan teknologi berubah; dan harga serta ouput juga berubah.
Tingkat suku bunga yang rendah dan meningkatnya pendapatan telah mengakibatkan
permintaan rumah bergeser ke kanan. Kenaikan permintaan ini menyebabkan harga
rumah menjadi lebih tinggi dan entri baru dengan membangun perusahaan yang
mencari laba ekonomi.
EFISIENSI ALOKATIF DAN EKUILIBRIUM KOMPETITIF
EFISIENSI PARETO
Definisi yang dikemukakan Pareto yang sangat tepat
tentang efisiensi sering disebut efisiensi Pareto atau optimalitas Pareto.
Sistem yang efisien, atau optimal Pareto, adalah sistem dimana perubahan
seperti itu tidak mungkin terjadi.
EFISIENSI PERSAINGAN SEMPURNA
Ketiga pertanyaan dasar itu meluputi:
1). Apa yang akan diproduksi. 2). Bagaimana
memproduksinya. 3). Siapa yang menerima apa yang diproduksi itu.
Alokasi Sumber Daya yang Efisien di Antara
Perusahaan. Definisi sederhana tentang efisiensi menyatakan bahwa perusahaan
harus memproduksi produknya dengan menggunakan teknologi terbaik yang ada
yakni, dengan biaya terendah. Untuk memaksimalkan laba, perusahaan harus
meminimalkan biaya produksi pada tingkat output yang dipilihnya. Dengan
pengetahuan sepenuhnya teknologi yang ada, perusahaan akan memilih teknologi
yang mampu memproduksi output yang diinginkannya dengan biaya minimal.
SUMBER KEGAGALAN PASAR
Kegagalan pasar (market failure) terjadi ketika
sumber daya salah dialokasikan, atau dialokasikan secara tidak efisien. Sumber
kegagalan pasar:
1). Struktur pasar yang tidak sempurna, atau
perilaku non kompetitif
2). Eksistensi barang public
3). Keberadaan biaya dan manfaat eksternal
4). Informasi tidak sempurna.
PASAR TIDAK SEMPURNA
Antara monopoli dan persaingan sempurna ada
sejumlah struktur pasar kompetitif tidak sempurna lain. Industri oligopolistik
dibentuk oleh perusahaan kecil, yang masing-masing memiliki derajat kekuatan
penetapan harga. Industri kompetitif monopolistis dibentuk oleh sejumlah
perusahaan besar yang mendapatkan kekuatan penetapan harga dengan
mendereferensiasikan produk mereka atau dengan menetapkan merek dagang mereka.
Dalam semua industry kompetitif tidak sempurna, output lebih sedikit produk
diproduksi dalam jumlah dibawah yang seharusnya dan harga lebih tinggi dari
persaingan sempurna. Kondisi ekuilibrium P=MC tidak terpenuhi, dan sistem tidak
memproduksi produk yang tidak efisien.
BARANG PUBLIK
Barang publik adalah barang atau jasa yang
memberikan manfaat kolektif bagi masyarakat; dalam arti tertentu, barang dan
jasa ini, dikonsumsi secara kolektif. Contoh klasiknya adalah pertahanan
nasional, contoh yang lain adalah: perlindungan polisi, keamanan dalam negeri,
perlindungan suaka margasatwa, dan kesehatan masyarakat.
EKSTERNALITAS
Eksternalitas adalah biaya atau manfaat yang di
tanggung atau dibebankan pada individu atau kelompok yang tidak terlihat dalam
transaksi itu dengan kata lain, sesuatu yang mempengaruhi pihak ketiga.
INFORMASI TIDAK SEMPURNA
Kesimpulan bahwa pasar bekerja secara efisien
sangat tergantung pada asumsi bahwa konsumen dan produsen memiliki pengetahuan
yang lengkap tentang karakteristik produk, harga yang berlaku, dan seterusnya.
Tidak adanya informasi yang lengkap itu bias menyebabkan transaksi yang
akhirnya tidak menguntungkan
0 comments:
Post a Comment