Persaingan Monopolistis dan Oligopoli
Pasar persaingan monopolistis
merupakan suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang mengahasilkan barang
yang berbeda corak (differentiated products). Ciri-ciri dari pasar persaingan
monopolistis ialah sebagai berikut;
- Terdapat banyak penjual.
- Barangnya bersifat berbeda corak.
- Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi
harga.
- Masuk ke dalam industri relatif lebih mudah.
- Persaingan mempromosikan penjualan sangat aktif.
Keseimbangan Dalam Pasar Persaingan
Monopolistis
- Keseimbangan Jangka Pendek
Keseimbangan yang dicapai suatu
perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis adalah sama dengan di dalam
monopoli. Perbedaannya, di dalam monopoli yang dihadapi adalah permintaan dari
seluruh pasar, sedangkan dalam persaingan monopolistis, permintaan yang
dihadapi perusahaan adalah sebagian dari keseluruhan permintaan pasar.
- Keseimbangan Jangka Panjang
Sepertinya halnya dengan perusahaan
dalam pasar persaingan sempurna, dalam persaingan monopolistis setiap perusahaan
hanya mendapat keuntungan normal di dalam jangka panjang. Corak kegiatan
perusahaan dalam persaingan monopolistis ketika mendapat keuntungan normal
berbeda dengan corak kegiatan perusahaan dalam persaingan sempurna yang juga
memperoleh untung yang normal. Perbedaan itu adalah;
- Harga dan biaya produksi di pasar persaingan
monopolistis lebih tinggi.
- Kegiatan memproduksi di pasar persaingan monopolistis
belum mencapai tingkat yang optimal.
Penilaian Atas Persaingan
Monopolistis
Walaupun perusahaan persaingan
sempurna dan perusahaan monopolistis sama-sama mendapat keuntungan normal,
tetapi dalam perusahaan monopolistis biaya produksi per unit lebih tinggi,
harga barang lebih tinggi dan jumlah produksi lebih rendah. Jadi kesimpulannya
perusahaan persaingan sempurna lebih efisien daripada perusahaan monopolistis
didalam menggunakan sumber-sumber daya. Pasar persaingan monopolistis
memberikan dorongan yang sangat terbatas untuk melakukan perkembangan
teknologi. Hal itu disebabkan karena dalam jangka panjang perusahaan hanya
memperoleh keuntungan normal. Pasar persaingan monopolistis juga menimbulkan
distribusi pendapatan yang lebih merata.
Oligopoli
Oligopoli adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat dominasi sejumlah
pemasok dan penjual. Pada kenyataannya, Sistem oligopoli yang ada, memiliki
konsentrasi pasar yang tinggi.Hal ini menunjukkan bahwa persentase yang besar dari pasar Oligopoli ditempati oleh perusahaan-perusahaan komersial negara terkemuka. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan perencanaan strategis untuk mempertimbangkan reaksi dari pesaing lain yang ada di pasar. Oligopoli dalam praktek pasar bebas, sangat menguntungkan para pemilik modal yang banyak.
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat penjual/produsen yang menguasai permintaan pasar.
Persaingan Pada Pasar Oligopoli, Kasus: Industri Chip Microprocessor
Kebutuhan terhadap microprocessor berkorelasi positif dengan pertumbuhan permintaan terhadap PC. Hal ini dapat dipahami karena pada dasarnya microprocessor merupakan mesin utama dari PC. Sementara teknik pembuatan komputer semakin mudah karena dukungan modularisasi, dan hal ini menghilangkan entry barrier bagi pendatang baru untuk memasuki bisnis perakitan komputer, di pihak lain teknologi pembuatan chip microprocessor semakin kompleks, membutuhkan investasi tinggi dan pada akhirnya hanya sedikit pemain yang dapat bertahan. Dengan demikian struktur pasar yang terbentuk merupakan pasar kompetisi sempurna di hilir (produksi PC), dan oligopoli di hulu (produksi microprocessor).
Saling ketergantungan (inter-dependensi) terjadi antara produsen PC dan microprocessor. Hal inilah yang menjadi latar belakang terjadinya strategi aliansi antara Intel di satu pihak dengan para produsen PC di pihak lain. Intel mengawali strategi ini pada tahun 1980 ketika melakukan lock-in dengan IBM mengalahkan Motorola sebagai pesaing terkuatnya pada waktu itu. Strategi ini dimaksudkan untuk memperluas pangsa pasar secepat mungkin. Selain itu, upaya menciptakan standar baru dalam teknologi PC juga diluncurkan Intel untuk menjawab kondisi pasar yang masih terbelah (fragmented). Standar dimaksud adalah arsitektur terbuka (open architecture) di mana PC dapat menggunakan software dan komponen yang dapat dibeli dari berbagai sumber.
Strategi aliansi terus dikembangkan dengan produsen PC lain seperti Compaq, Dell, Acer, Toshiba, dan lain sebagainya. Motto yang digunakan untuk sekaligus menutup peluang masuknya pesaing adalah Intel Inside. Suatu upaya kompetisi monopolistik yang sangat berhasil. Selain dengan produsen PC, Intel juga menjalin kerjasama dengan Microsoft guna membuka peluang bisnis baru.
Menyusul kemenangan dalam membuat standar baru PC, Intel melakukan kampanye pemasaran yang agresif untuk mengalahkan Motorola, pesaing utamanya. Pada periode ini, produk AMD belum dikenal luas dan oleh karenanya belum dianggap sebagai pesaing kuat. Ketika sukses mulai diraih, Intel justru membuat keputusan strategik meninggalkan produksi DRAM dan fokus hanya pada membuat microprocessor. Keputusan ini bukan merupakan arahan strategik dari manajemen senior tetapi merupakan kebulatan tekad para manajer tingkat menengah (Collis & Pisano, 2002).
Keunggulan Intel, didukung pula oleh strategi operasional berupa komitmen untuk melayani semua kebutuhan industri PC. Intel mengubah proses internal dengan mengoperasikan semua fabs secara simultan, dan memanfaatkan kerja sama dengan pemasok dalam suatu industrial cluster. Produktivitas dan efisiensi menjadi sasaran yang berhasil dicapai dengan strategi ini. Pergulatan menghadapi berbagai tantangan membawa Intel berhasil melakukan tranformasi pasar komputer dari vertical alignment yang berbasis teknologi proprietary menjadi horizontal alignment dengan standar terbuka.
0 comments:
Post a Comment