Ekonomi dan Bisnis

Sunday, December 25, 2016

BAB 10

PERMINTAAN INPUT: PASAR TENAGA KERJA DAN TANAH

PASAR INPUT: KONSEP DASAR
            PERMINTAAN INPUT: SUATU PERMINTAAN TURUNAN
Permintaan turunan adalah permintaan sumber daya(input) yang tergantung pada permintaan output yang memakai sumber daya tersebut untuk produksinya. Kuantitas output yang diproduksi oleh perusahaan bergantung pada nilai yang dikenakan pasar pada produk perusahaan(permintaan input bergantung pada permintaan output/permintaan input diturunkan(derived) dari permintaan output).
            INPUT: KOMPLEMENTER DAN SUBSTITUSI
Input bisa bersifat komplementer atau substitusi. Dua input yang digunakan bersama dapat meningkatkan, atau melengkapi satu sama lain. Permintaan input suatu perusahaan terkait erat satu sama lain. Peningkatan atau penurunan upah secara alamiah menyebabkan permintaan tenaga kerja berubah, tapi juga memiliki efek atas permintaan modal atau tanah. Jika hendak memahami permintaan input, maka harus memahami hubungan antara tenaga kerja, modal, dan tanah.
            HASIL YANG MAKIN MENURUN
Jangka pendek adalah periode dimana beberapa faktor produksi tetap membatasi kapasitas perusahaan untuk berekspansi. Dengan kondisi seperti ini, perusahaan yang memutuskan untuk meningkatkan output akhirnya akan menghadapi hasil yang makin menurun. Atau bisa dikatakan dengan skala tetap pabrik berarti maka produk marjinal dari input variabel pada akhirnya akan menurun.
            PRODUK PENERIMAAN MARJINAL
Produk penerimaan marjinal adalah penerimaan tambahan yang diperoleh suatu perusahaan dengan mempekerjakan unit input tambahan, ceteris paribus.
           
PASAR TENAGA KERJA
PERUSAHAAN YANG HANYA MENGGUNAKAN FAKTOR PRODUKSI SATU VARIABEL: TENAGA KERJA
Perusahaan yang memaksimalkan laba akan menambah input dalam hal tenaga kerja, perusahaan akan merekrut pekerja selama produk penerimaan marjinal input itu melebihi haga pasar dari input itu dalam hal tenaga kerja, upah.
PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN FAKTOR PRODUKSI DUA VARIABEL DALAM JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG
Dalam perusahaan yang menggunakan hanya satu faktor produksi variabel, perubahan dalam harga faktor itu hanya mempengaruhi permintaan faktor itu sendiri. Tapi ketika ada lebih dari satu faktor yang bisa beragam, kita harus mempertimbangkan dampak perubahan dalam suatu harga faktor atas permintaan faktor lain juga.
            BERBAGAI PASAR TENAGA KERJA
Jika pasar tenaga kerja bersifat kompetitif, upah di pasar ini ditentukan oleh interaksi penawaran dn permintaan. Perusahaan akan merekerut pekerja hanya selama nilai produk mereka melebihi upah pasar yang relevan. Hal ini berlaku di semua pasar tenaga kerja yang kompetitif.
PASAR TANAH

            Tanah adalah penawaran yang sangat tetap(inelastis sempurna) secara total. Karena tanah itu memiliki penawaran tetap, kita katakan bahwa tanah itu sudah ditentukan permintaannya(demand determined). Dengan kata lain, harga tanah ditentukan secara eksklusif oleh berapa jumlah yang bersedia dibayarkan oleh rumah tangga dan perusahaan untuknya. Penghasilan segala faktor produksi dalam penawaran tetap disebut sewa murni(pure rent).

1 comments:

  1. 2019 ford fusion hybrid titanium-art-iron-plated.com
    This unique metal art is the most unique titanium necklace metal art titanium easy flux 125 amp welder in Japan. We have crafted a piece with mens titanium wedding rings the exact titanium septum jewelry design of the original design and titanium tools it's a

    ReplyDelete